Ayo Rekreasi Menyenangkan di Permainan Dunia Fantasi Ancol Jakarta

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

Suka menaiki wahana yang melahirkan adrenalin? Kalau iya, awak wajib berikhtiar keseruan dari alat Dufan Ancol akibat di area ini terdapat berbagai bagai macam wahana yang ada sensasi yang berbeda-beda. Buat yang tidak memiliki kegagahan lebih, sedia lagi mengapa alat angkut yang bisa anda coba sekadar buat seru-seruan.


Dunia Fantasi ataupun yang dikenal dengan Dufan ialah bustan hiburan yang berlokasi di berjalinan Taman Impian Jaya Ancol yang memadai beken di kalangan wisatawan. Tentunya, wahana Dufan Ancol yang menjadi cacat ahad daya tarik terbanyak alokasi orang-orang yang ingin berkunjung ke sini.

Taman intermezo ini memiliki bambang yang mencapai 9,5 hektar dengan corat-coret outdoor. Jadi, tidak heran jika terdapat berjibun wahana di ruang ini.

Selain wahana, di dalamnya lagi dibagi menjadi beberapa wawasan yang didirikan dengan tujuan untuk membujuk imajinasi karet pengunjung. Ada berbagai suasana alun-alun yang bisa kamu temukan di tempat ini.

Salah satunya adalah cuaca nusantara. Saat mengunjunginya, kamu akan diajak menjumpai sensasi berjalan-jalan di Jakarta tempo dulu.

Selain nusantara, siap beberapa suasana lainnya yang pastinya hendak memajukan kekagumanmu, di antaranya adalah cuaca Eropa, Yunani, Amerika, Asia, dengan beda sebagainya.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

Kalau awak gandrung mengunjungi dengan mencoba alat Dufan Ancol, melantas aja mari menyimak memerhatikan informasi selengkapnya berikut ini.

Ragam Wahana Dufan Ancol
Mencoba alat Dufan Ancol merupakan tujuan baku getah perca wisatawan buat mendatangi bustan lipuran ini. Sebagai informasi, alat angkut di sini dibagi menjadi jumlah tingkatan, adalah Water Ride, Family Ride, Children Rides, dengan Thrill Ride.

Kalau marah sama alat angkut segala apa aja di masing-masing derajat tersebut, baca rangkumannya berikut, ya.


Water Ride
1. Arung Jeram

Kalau anda nggak kepunyaan kejantanan alias belum memiliki angin buat bertambah arung jeram yang asli, awak bisa cobain salah eka wahana Dufan Ancol eka ini. Saat membawa melalui jeram yang berbentuk bulat, kamu akan diajak untuk mengitari batang air sepanjang 325 meter dengan arus yang lumayan deras.

Walaupun cuma tiruan, sensasinya seperti menaiki malayari air terjun sungguhan. Satu melalui jeram bisa dinaiki oleh delapan orang. Jadi, bakal banyak cocok dicoba bersama getah perca kawan buat seru-seruan.

2. Niagara Gara

Niagara Gara ialah alat angkut perahu melaju yang patut kamu kalau era berkunjung ke Dufan. Kamu bakal diajak untuk meluncur dari kebesaran dan mengikuti arus air.

Klimaksnya, perahu akan mengajakmu buat bertambah setinggi 20 meter, kemudian melunjur bebas ke bawah. Menaiki alat ini sensasinya bagaikan gelongsor dari Air Terjun Niagara yang ada di Amerika.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

3. Ice Age Arctic Adventure

Perlu anda ketahui kalau Ice Age Arctic Adventure melambangkan wahana bertema es yang pertama kali siap di Asia. Kalau awak adalah alpa ahad penggemar bioskop kartun Ice Age, alkisah anda hendaklah berikhtiar wahana ini.

Di bioskop kartun tersebut, diceritakan adanya proses pencairan es di Kutub Utara. Nah, di Ice Age Arctic Adventure ini, awak juga bisa beserta mengharapkan proses perusakan es tersebut.

Selain itu, ada hal hebat lainnya yang bisa kamu nikmati, yaitu dark ride. Lewat dark ride, kamu bakal diajak untuk berpertualang dengan ditemani beragam buah spesial dan teknologi canggih yang penuh kejutan.

Di sini, awak jua akan mengharapkan cerapan dingin bagai sedang berada di Antartika sungguhan. Terdapat juga kaum contoh hewan purba yang dibuat seolah-olah membayangkan hidup dan tentunya bakal menambah impresi kaku dan keseruan tersendiri detik awak menikmati alat ini.

 

Family Ride
1. Istana Boneka
Ke Dufan bawa anak cucu kecil? Istana Boneka adalah alternatif yang tepat awak datangi akibat ruang ini selalu menjadi idola di kalangan anak-anak.

Istana Boneka terletak di alam Eropa yang bisa dinikmati apik ananda halus maupun anak Adam dewasa. Di sini, kamu bakal diajak naik perahu melewati terowongan yang di samping kanan kirinya diperoleh berbagai macam boneka yang berpakaian etiket Indonesia dengan busana asing yang mencerminkan budaya dari beraneka macam negara.

2. Bianglala
Meskipun bukan wahana baru Dufan, bianglala konsisten menjadi cacat eka wahana favorit bagi karet pengunjung. Bianglala ialah kilang berukuran besar yang hendak membawamu buat membesuk pemandangan indah dari keagungan yang mencapai minim kian 30 meter di tempat permukaan laut.

Kapasitas dari Bianglala ini bisa untuk 180 orang. Tentunya hendak jadi salah eka alat angkut yang hendaklah dicoba bersama orang-orang terdekatmu.

 

3. Rumah Miring
Rumah Miring ialah cacat eka wahana Dufan Ancol yang tidak mengandalkan tenaga mesin bagai yang lainnya. Tempat ini mengusung coret-coretan rekayasa rancang gedung yang mampu memanipulasi indera penglihatan.

Saat bersarang dengan berkeliling di dalamnya, kamu hendak melihat setiap benda yang terdapat di kediaman ini terlihat miring. Melihat hal tersebut, biasanya hadirin ada juga yang hendak bepergian banyak awas dengan berpegangan atas seakan-akan benda-benda itu akan berjatuhan menimpanya.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

4. Poci Poci
Ingin merasakan sensasi bersetuju ke pada gelas? Kamu bisa mengaktualkan keinginanmu itu dengan naik Poci Poci.

Tak hanya diajak beristirahat bungkam begitu saja, siap sensasi hebat yang bisa kamu dapatkan dengan menaiki gelas bota ini. Karena ia akan mengajakmu berputar-putar mengelilingi sebuah cerek alias buyung yang ukurannya amat besar.

5. Ontang Anting

Ontang Anting ini berisikan banyak kursi andok yang bakal melanting pengunjung seakan amblas di udara. Meskipun kayanya menegangkan, tapi alat angkut ini tidak teperlus pada kategori ekstrim.

Jadi, Ontang Anting terbilang layak damai buat dinikmati ayu orang dewasa maupun anak-anak.

6. Burung Tempur
Burung Tempur melahirkan cacat satu wahana Dufan Ancol yang lagi menjadi favorit anak-anak. Anak-anak bakal diajak buat berputar 360° dan mengapung hingga kebesaran yang mendapatkan 25 meter.

Tempat yang mengatur duduki bisa dinaik turunkan ala manual. Jadi, bawah umur lagi bisa naik sekali lalu ditemani anak buah tuanya. Oya, alat Burung Tempur ini berkekuatan untuk 28 orang.

7. Rajawali
Saat berikhtiar rajawali, menurut tidak langsung kamu jua sambil berguru bidang fisika. Loh, kenapa bisa? Jadi, alat ini melaksanakan disiplin Fisika berupa gerak melingkar dengan sistem katrol.

Lewat Rajawali ini, kamu bakal diajak buat berputar-putar di ketinggian yang mendapatkan 25 meter. Saat berada di keagungan tersebut, awak lagi bisa cecap pemandangan dengan merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

8. Gajah Beledug

Gajah Beledug faktual dekat sama dengan alat Rajawali, sama-sama bisa membawamu amblas di ketinggian. Bedanya, ketinggiannya bertambah hina dari Rajawali.

Saat bertambah Gajah Beledug ini, kamu hanya bakal diajak untuk berputar-putar saja. Walaupun begitu, anak-anak aman hendak menyukainya atas alat ini berbentuk gajah yang banyak lucu.

9. Turangga Rangga
Turangga Rangga ini aktual ada kalanya anda temukan di bustan lipuran lain. Di ruang lain, permainan semacam ini kian dikenal dengan buah bibir pertunjukan putar.

Anak-anak absolut hendak sangat suka dengan permainan ini. Mereka bakal diajak berputar dengan menaiki jaran kesukaannya.

10. Baku Toki
Kamu tahu mainan bom bom car? Nah, Baku Toki ini merupakan nama beda dari mainan tersebut.

Selain Baku Toki, siap lagi nama beda yang lagi populer, ialah mobil singgung ataupun bumper car. Terdapat delapan mobil Baku Toki yang siap buat dikendarai dengan ugal-ugalan.

Jangan takut andaikata menyenggol alias melaga mobil lain, atas inilah arah orang-orang menaikinya. Kamu bisa mendapatkan keseruan dengan bersenang-senang dengan mengendari Baku Toki ini.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

11. Alap Alap

Alap Alap merupakan versi lain dari alat Halilintar. Tetapi, tak seperti halilintar yang menyeramkan, bisa dibilang wahana ini merupakan replika dari Halilintar yang damai dan tak menyebabkan jantungan era menaikinya.

Rel lintasannya juga tidak serumit Halilintar. Jika Halilintar lintasannya panjang dan hanya berputar sekali saja, Alap Alap ada lintasan yang lebih pendek dan amat naik anda bakal diajak berputar tiga kali.

12. Kalila Adventure
Kalila Adventure ini melahirkan sebuah kerja sama dari lima unsur teknologi canggih. Kelima anasir tersebut ialah musical showbiz, animatronic theatre, film, sound and special effect, dengan science.

Di sini, kamu bisa alam pertunjukan yang asak dengan kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan cerita yang menarik. Pastinya akan banyak cocok dinikmati bersama keluarga.

 

13. Fantasy Light Magic of Dufan
Fantasy Light Magic adalah sebuah bilangan taman yang berkonsep digital lights. Saat masuk ke bilangan taman ini, anda hendak dimanjakan dengan beraneka ragam replika pepohonan dengan berbagai bagai jenis binatang yang bisa memancarkan cahaya.

Di sini, anda lagi bisa alam multimedia show yang digelar di alat Fantastique. Oya, tidak bagai yang lainnya, ruang ini di buka setiap musim dari pukul 18.00 cukup 20.00 WIB saja.

14. Treasure Land Temple of Fire
Treasure Land Temple of Fire berlokasi di Panggung Maxima Dufan. Wahana ini merupakan sebentuk pagelaran teater pergelaran Live Action Stuntman Show. Pertunjukan ini menunjukkan sebuah pergelaran yang atraktif sekaligus menegangkan.

Atraksi tersebut dilakukan oleh getah perca stuntman andal yang didatangkan melantas dari kaum negara, adalah Tiongkok, Jerman, Brasil, dan Amerika Serikat.

15. Hello Kitty Adventure
Kamu dengan adik atau ponakan kecilmu suka Hello Kitty? Langsung aja mengadar ke Hello Kitty Adventure. Di ruang ini, awak bakal bertemu terus dengan huruf kucing imut yang analog dengan pita berwarna merah.

Wahana keluarga ini didirikan dengan tujuan buat melegakan karet penggemar Hello Kitty. Kamu hendak diajak melihat-lihat sekali lalu berpotret dengan arca Hello Kitty yang ada. Ruangannya juga didominasi dengan warna pink.

 

Children Ride
1. Ubanga Banga
Buat bawah umur yang suka sama mobil-mobilan, alat Dufan Ancol satu ini amat cocok buat didatangi. Permainan ini aktual dekat sama dengan Baku Toki, cuma sahaja mobil-mobilnya didesain sedemikian rupa agar bahagia buat dinaiki ananda kecil.

Ubanga Banga ini juga dilengkapi dengan pengaman, sehingga detik anak-anak saling membenturkan mobilnya, mereka hendak ajek terlindungi dan tak hendak terluka. Namun, atraksi ini sekadar bisa dinaiki oleh bawah umur dengan adiluhung minimum 125 cm, ya.

2. Dream Play Ground
Dream Play Ground merupakan wahana permainan anak-anak terbanyak yang ada di Indonesia. Luasnya sendiri mengaras 900 m2.

Area permainan anak ini dilengkapi dengan beraneka macam fasilitas yang tentunya banyak disukai si kecil. Di antaranya merupakan trampoline, wall climbing, futsal games, si pool, soft play toys, play panel, block puzzle, education toys, sliding ride, dengan mini rides.

Thrill Ride
1. Tornado
Kalau anda acap permainan yang ajak adrenalin, cobalah buat ke atas Tornado. Rasakan sensasi bertunggang kembali di ketinggian.

Para pembonceng Tornado ini duduk di bangku yang berangkai dan berbalas-balasan membelakangi dengan daya muat buat 40 orang. Gimana, tertantang untuk mencobanya?

2. Halilintar

Halilintar adalah sebuah alat yang juga kita ingat dengan gelar roller coaster. Lintasannya dibuat sangat rumit dan berliku-liku, sehingga melahirkan Halilintar dapat melintas dengan berputar-putar dan bertentangan dengan kecepatan tinggi.

3. Hysteria

Selain dua mainan di atas, Hysteria lagi melambangkan alpa satu wanaha ekstrim yang bisa kamu coba untuk menguji nyali. Jangan heran kalau banyak anak Adam yang menaiki permainan ini segala berteriak ketakutan.

Pengunjung hendak dilemparkan ke atas dalalam tempo kecil dan akhirnya lagi turun ke bawah dengan amat cepat. Proses pelemparan dengan kembali turun ini hendak dilakukan berulang-ulang. Jadi, siapkan mental dengan fisikmu sebelum menaikinya.

4. Kicir Kicir

Kicir kicir ataupun yang dikenal juga dengan nama Power Surge ini bakal melanting hadirin berputar 360° yang berputar dari kolong berbatas ke atas. Tak sekadar berputar saja, kamu jua akan mengharapkan sensasai dipelintir sekali lalu gelincir dengan kecepatan tinggi.

5. Ombang Ombang
Ombang Ombang merupakan salah ahad alat Dufan Ancol yang jua berlimpah ditemukan di kaum halaman ladang intermezo lain. Namun, sebutannya sedikit berbeda, kita kian mengenalnya dengan nama Ombang Ambing.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

Seperti namanya, saat menaikinya kamu seolah-olah diombang-ambingkan oleh ombak. Sambil terombang-ambing, anda lagi akan mengharapkan sebuah goncangan yang banyak dahsyat.

6. Kora Kora

Kora Kora merupakan sebuah perahu besar yang akan melayangkan karet penumpangnya ke hadap depan dengan belakang. Awalnya, ayunannya bakal terasa pelan, akan tetapi lama kelamaan berubah menjadi amat kencang. Bahkan, ayunannya bisa mengaras kemiringan engat 90°.

7. Pontang Pontang
Cara kerja dari alpa satu wahana Dufan Ancol ini sebenarnya cukup sederhana, cuma berputar-putar saja. Namun, yang melaksanakan gamak ngeri merupakan awak hendak menganggap bagaikan terbanting ke kiri dengan ke kanan detik Pontang Pontang ini berputar.

Kamu jua akan menjumpai bakal bertabrakan dengan yang lainnya. Tapi aman saja, ini hanyalah sebentuk ilusi saja, anda tak benar-benar akan melaga ataupun ditabrak, kok.

Baca juga: Bocoran Seru biar Kunjunganmu ke Tempat Wisata Candi Prambanan Jadi Lebih Maksimal

Cara Menuju ke Dufan Ancol


Tempat lipuran Dunia Fantasi ini berlokasi di Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Letaknya pun terbilang cukup vital dan mudah dijangkau, baik itu menggunakan awak meskipun moda pemindahan umum.

Nah, kalau kamu masih belum tahu bagaimana caranya ke sana memakai kendaraan pribadi atau transportasi umum, simak penjelasannya di kaki (gunung) ini.

1. Kendaraan Pribadi
Kalau awak asal dari arah Banten, awak bisa sampai ke tempat seputar ahad jam apabila kondisi kalakian lintasnya lancar. Jarak tempuhnya sendiri rendah bertambah ialah 34 km.

Rute yang bisa capai dimulai dari Jalan H. Rasuna Said Tangerang dan dilanjutkan dengan masuk ke Tol Jakarta/Tangerang – Jalan Pantura – Tol Merak/Jakarta – Tol Lingkar Luar Jakarta – Tol Prof Sedyatmo – Tol Pelabuhan – Jalan Lodan Raya – Dunia Fantasi.

Untuk yang berawal dari Bekasi, jarak bangun mengabah tempat intermezo ini seputar 35 km. Rutenya sendiri dimulai dari Tol Lingkar Timur – Tol Tj. Priok – Jalan Enggano – Jalan R.E. Martadinata – Dunia Fantasi.

Dari hadap Depok, rutenya bisa dimulai dari Jalan Krukut Raya – Jalan Pangkalan Jati – Jalan RS Fatmawati – Tol Pondok Pinang/TMII – Tol Lingkar Luar Jakarta – Tol Prof Sedyatmo – Tol Pelabuhan – Jalan R.E. Martadinata – Dunia Fantasi.

Jika awak asal dari Bogor, jangka Kota Bogor cukup lokasi kurang bertambah ialah 70 km. Rute yang bisa kamu gunakan dimulai dari Tol Jagorawi – Tol Cililitan 2 – Jalan Pulomas/Cawang – Tol Ir. Wiyoto Wiyono – Tol Pelabuhan – Jalan Lodan Raya – Dunia Fantasi.

Sedangkan buat yang asal dari Bandung, awak bisa mengambil jalan dari dari Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi – Tol Cipularang – Tol Jakarta/Cikampek – Tol Lingkar Luar Timur – Tol Lingkar Luar Timur – Tol Tj. Priok – Jl. Enggano – Jl. R.E Martadinata – Dunia Fantasi. Jarak dari Kota Bandung sekeliling 165 km dengan bisa ditempuh dalam tempo rendah bertambah duet jam kalau arkian lintas lancar.

2. Transportasi Umum
Di Kota Metropolitan ini, akan siap berjibun banget kesukaan moda pengangkutan am yang bisa awak gunakan buat bisa berbatas ke Dunia Fantasi Ancol. Beberapa di antaranya adalah bus Transjakarta, bus metropolitan reguler, dan KRL.

Kalau ingin naik Transjakarta, kamu bisa ke atas bus Koridor 1 dan Koridor 5. Bus tersebut akan melantas mengantarkanmu mengabah halte Ancol.

Kalau ke atas bus kota, naiklah bus arah Blok M – Ancol. Namun, andaikata anda datang dari arah Bekasi, kamu bisa naik bus Mayasari Bhakti 27 (AC) arah Bekasi Barat – Mangga Dua. Setelah itu dilanjutkan dengan ke atas mikrolet M15 atau M15 A dan anjlok di pintu utama Ancol.

Sedangkan andaikan awak naik KRL, sedia kaum pilihan bertimbal dengan arah kedatanganmu. Jika naik KRL dari Bogor, awak bisa anjlok di Stasiun Kampung Bandan dengan dilanjutkan dengan naik mikrolet M15 alias M15A.

Untuk KRL dari Bekasi, turunlah di Stasiun Jakarta Kota dengan dilanjutkan naik mikrolet M15 atau M15A. Dan buat KRL dari Serpong, kamu kudu transit di Stasiun Tanah Abang arkian dilanjut ke atas KRL jurusan Stasiun Kampung Bandan. Sama bagai yang lainnya, lanjutkan juga dengan ke atas mikrolet M15 atau M15A dengan anjlok di pintu baku Ancol.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Dufan
Untuk jam buka Dufan dibedakan bagi harinya, setiap yaum Senin sampai Jumat buka berangkat dari jam 10.00 engat 18.00 WIB. Sedangkan untuk yaum Sabtu dan Minggu buka mulai dari pukul 10.00 berbatas 20.00 WIB.

Pembelian kartu Dufan cuma hendak dilayani sampai dengan ahad beker dini jam operasional berakhir. Untuk itu, bertambah ayu datanglah kian dahulu dan tidak terlampau sore biar awak bisa puas berpetualang di halaman ladang hiburan ini.

Harga tiketnya jua dibedakan berasas hari. Untuk Senin sampai Jumat dikenakan bea Rp200.000/orang, sedangkan untuk musim Sabtu dengan Minggu tarifnya dibanderol Rp295.000/orang.

Kalau dirasa terlewat mahal, anda bisa rajin-rajin cek website resminya Taman Impian Jaya Ancol. Di beberapa kesempatan, biasanya bagian Dufan mengadakan promo, di mana harga karcis Dufan promo biasanya bertarif lebih rendah dibandingkan bea normal.

Oya, buat awak yang berhasrat di setahun hendak ada kalanya mengunjungi bustan intermezo ini, ada kaidah hemat yang bisa kamu lakukan. Belilah tiket annual pass dengan harga Rp325.000/orang. Dengan menggunakan kartu annual pass, semasa eka tahun semenjak membelinya kamu hendak bebas menghadiri taman hiburan ini minus harus melunasi kartu lagi.

Karena objek wisata ini bersarang ke dalam alam Impian Jaya Ancol, kamu juga harus melunasi tiket bersetuju pintu gerbang Ancol. Untuk perseorangan dan otomobil harus melunasi Rp25.000, buat motor Rp15.000, dengan buat bus sebesar Rp45.000.

Tips Berwisata ke Dufan Ancol
Kalau awak jatuh cinta untuk mencoba alat Dufan Ancol, siap baiknya buat menyimak kaum tips bersama-sama agar liburanmu terbebas dari kendala.

Karena Dunia Fantasi ini melahirkan bustan intermezo dengan corat-coret outdoor, maka kebayang mempergiat gimana panasnya area ini? Ada baiknya pakailah busana yang nyaman dengan mudah menyerap keringat. Hindari mengenakan pakaian gelap atas akan kian terasa berbahaya andaikata terkena sinar matahari daripada pakaian warna terang.
Jangan lupa angkat baju ganti. Apalagi andaikan anda berangan-angan mencoba alat angkut yang mengharuskanmu buat berbasah ria. Kalau tidak, kamu layak siap alam resiko bersetuju angin karena seharian makan baju basah.

Kalau tak ingin berdesak-desakan dengan pengunjung asing dengan menghindari antrian panjang, awak bisa ada atas musim kerja. Karena biasanya atas musim libur alias akhir pekan, tempat ini bakal dipenuhi oleh wisatawan.
Kalau bisa, bawalah bekal sendiri dari rumah. Karena dekat segala makanan dan minuman yang dijual di ruang ini harganya berkali-kali lepit dari harga normal.
Karena halaman ladang lipuran ini memadai luas, awak bisa betah memeriksa peta alat angkut Dufan Ancol yang diperoleh di kaum bercak mudah-mudahan encer menemukan alat yang diinginkan dengan tidak tersesat saat mencarinya.

Jika ingin berhemat, anda bisa rajin-rajin melihat website Agen resmi Dufan Ancol untuk mencari penjelasan atas promo karcis masuknya. Karena ala kaum kesempatan, biasanya sedia promo eksklusif dengan awak bisa membayar harga tiket lebih aib dari semestinya.
Sebelum mengunjunginya, non lupa buat periksa skedul beroperasinya wahana Dufan Ancol. Karena ada jumlah alat yang sekadar beroperasi pada arloji definit saja.

Waktu pokta buat datang ke ruang intermezo ini ialah bukan atas detik musim hujan. Karena era hujan angin turun, beberapa wahanya tak bakal dioperasikan demi kesejahteraan pengunjung.

Kata Kunci : Tiket Promo Ancol, Tiket Dufan Promo, Agen Ancol Promo Serang, Agen Dufan Promo Serang, Tiket Promo Anco Dufan, Agen Ancol Promo Cilegon, Agen Dufan Promo Cilegon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar